Awas Kemasan Makanan Rusak, Beracun!

15 September 2009

MEDAN, KOMPAS.com – Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Medan mengimbau masyarakat mewaspadai terhadap kemasan ketika membeli produk makanan dan minuman, karena kemasan yang rusak berpotensi mengandung racun.

Kepala Bidang Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen BBPOM Medan, Sacramento Tarigan, Rabu, mengatakan, masyarakat jangan membeli makanan dan minuman dengan kemasan yang telah rusak yang dijual di toko maupun swalayan.

Kemasan makanan maupun minuman yang rusak berpotensi mengandung racun, sehingga bila dikonsumsi berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Menjelang Lebaran 2009, kebutuhan masyarakat terhadap barang-barang yang berkaitan dengan Ramadhan dan Idul Fitri sangat tinggi, sehingga berbagai bentuk penjualan produk yang rusak bahkan kadaluarsa kemungkinan terjadi.

roduk makanan dan minuman yang rusak dijual dengan modus menyelipkannya di antara berbagai kemasan produk yang masih bagus, upaya itu dilakukan untuk mengelabui perhatian pembeli.

Bagian dalam kemasan makanan dan minuman selalu dilapisi dengan pelindung berbahan aluminium foil, sehingga makanan maupun minuman tidak mengalami kontak langsung dengan kemasan berbahan metal.

Bila kemasan itu rusak, maka pelindung di dalam kemasan itu akan robek, sehingga makanan atau minuman bersentuhan langsung dengan kemasan berbahan metal, sehingga dapat menyebabkan keracunan di dalam tubuh.

Para pedagang makanan dan minuman juga diimbau untuk memeriksa dengan teliti agar produk yang dipasok dari para distributor diterima dalam kondisi baik, sehingga tidak merugikan mereka dan tidak berbahaya bagi konsumen.

Peneliti bahan kimia di Medan, M.Yusuf Hasibuan menegaskan, kemasan produkĀ  makanan dan minuman selalu mangandung unsur kimia, sehingga harus memperhatikan kondisi kemasan produk tersebut.

Selain itu, konsumen juga harus jeli dalam melihat prosedur penyajiannya di toko, karena penyimpanan kemasan yang di luar aturan pemakaian akan berpengaruh pada daya tahan makanan dan minuman itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: